AKULTURASI DAN PERKEMBANGAN BUDAYA ISLAM
Berkembangnya kebudayaan Islam di
Kepulauan Indonesia telah menambah khasanah budaya nasional Indonesia, serta
ikut memberikan dan menentukan corak kebudayaan bangsa Indonesia. Akan tetapi
karena kebudayaan yang berkembang di Indonesia sudah begitu kuat di lingkungan
masyarakat maka berkembangnya kebudayaan Islam tidak menggantikan atau
memusnahkan kebudayaan yang sudah ada. Dengan demikian terjadi akulturasi
antara kebudayaan Islam dengan kebudayaan yang sudah ada. Akulturasi adalah
suatu proses sosial yang timbul apabila suatu kelompok manusia kebudayaan
tertentu diharapkan dengan unsur-unsur dari kebudayaan asing dengan sedemikian
rupa, sehingga unsur-unsur kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan tanpa
menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri.
Islam merupakan salah satu agama yang
masuk dan berkembang di Indonesia. Sebelum Islam masuk dan berkembang,
Indonesia sudah memiliki corak kebudayaan yang dipengaruhi oleh agama Hindu dan
Budha. Dengan masuknya Islam, Indonesia kembali mengalami proses akulturasi
kebudayaan karena percampuran bangsa-bangsa dan saling mempengaruhi yang
melahirkan kebudayaan baru yaitu kebudayaan Islam Indonesia. Hasil proses
akulturasi antara kebudayaan praIslam dengan ketika Islam masuk tidak hanya
berbentuk fisik kebendaan seperti seni bangunan, seni ukir atau pahat, dan
karya sastra tetapi juga menyangkut pola hidup dan kebudayaan non fisik
lainnya. Beberapa contoh bentuk akulturasi akan ditunjukkan pada paparan
berikut.
1. Seni Bangunan
Seni dan arsitektur bangunan Islam di Indonesia sangat
unik, menarik dan akulturatif. Seni bangunan yang menonjol di zaman
perkembangan Islam ini terutama masjid, menara serta makam.
Masjid dan Menara
Dalam seni bangunan di zaman perkembangan Islam, nampak ada perpaduan antara unsur Islam dengan kebudayaan praIslam yang telah ada sebelumnya. Beberapa contoh seni bangunan Islam yang menonjol adalah masjid yang berfungsi sebagai tempat beribadah bagi orang Islam.
Masjid dan Menara
Dalam seni bangunan di zaman perkembangan Islam, nampak ada perpaduan antara unsur Islam dengan kebudayaan praIslam yang telah ada sebelumnya. Beberapa contoh seni bangunan Islam yang menonjol adalah masjid yang berfungsi sebagai tempat beribadah bagi orang Islam.
Bangunan masjid-masjid kuno di Indonesia
memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
· Atapnya berbentuk tumpang yaitu atap yang
bersusun semakin ke atas semakin kecil dari tingkatan paling atas berbentuk limas. Jumlah
atapnya ganjil 1, 3 atau 5. Dan biasanya ditambah dengan kemuncak untuk memberi
tekanan akan keruncingannya yang disebut dengan Mustaka.
· Tidak dilengkapi dengan menara, seperti
lazimnya bangunan masjid yang ada di luar Indonesia atau yang ada sekarang,
tetapi dilengkapi dengan kentongan atau bedug untuk menyerukan adzan atau
panggilan sholat. Bedug dan kentongan merupakan budaya asli Indonesia.
· Letak masjid biasanya dekat dengan istana
yaitu sebelah barat alun-alun atau bahkan didirikan di tempat-tempat keramat
yaitu di atas bukit atau dekat dengan makam.
Makam-makam yang lokasinya di dataran
dekat masjid agung, bekas kota pusat kesultanan antara lain makam sultan-sultan
Demak di samping Masjid Agung Demak, makam raja-raja Mataram-Islam Kota Gede
(D.I. Yogyakarta), makam sultan-sultan Palembang, makam sultan-sultan di daerah
Nanggroe Aceh, yaitu kompleks makam di Samudera Pasai, makam Sultan Ternate di
Ternate, makam sultan-sultan Goa di Tamalate, dan kompleks makam raja-raja di
Jeneponto dan kompleks makam di Watan Lamuru (Sulawesi Selatan), makam-makam di
berbagai daerah lainnya di Sulawesi Selatan, serta kompleks makam Selaparang di
Nusa Tenggara dan masih banyak yang lainnya.
Di beberapa tempat terdapat makam-makam
yang penempatannya berada di daerah dataran tinggi. Seperti makam Sunan Bonang
di Tuban, makam Sunan Derajat (Lamongan), makam Sunan Kalijaga di Kadilangu
(Demak), makam Sunan Kudus di Kudus, makam Maulana Malik Ibrahim dan makam
Leran di Gresik (Jawa Timur), makam Datuk Ri Bkalianng di Takalar (Sulawesi
Selatan), makam Syaikh Burhanuddin (Pariaman), makam Syaikh Kuala atau Nuruddin
ar-Raniri (Aceh) dan masih banyak para dai lainnya di tanah air yang dimakamkan
di dataran.
Ciri-ciri dari wujud akulturasi pada
bangunan makam terlihat dari:
·
Makam-makam kuno dibangun di atas bukit atau
tempat-tempat yang tinggi.
· Makamnya terbuat dari bangunan batu yang
disebut dengan Jirat atau Kijing, nisannya juga terbuat dari batu.
·
Di
atas jirat biasanya didirikan rumah tersendiri yang disebut dengan cungkup atau
kubba.
· Dilengkapi dengan tembok atau gapura
yang menghubungkan antara makam dengan makam atau kelompok-kelompok makam.
· Di dekat makam biasanya dibangun masjid,
maka disebut masjid makam dan biasanya makam
tersebut adalah makam para wali atau raja. Contohnya masjid makam Sendang Duwur
di Tuban.
Makam-makam yang terletak di tempat-tempat tinggi menunjukkan kesinambungan tradisi yang merupakan pengejawantahan pendirian punden-punden berundak pada masa Megalitik. Tradisi tersebut dilanjutkan pada masa Hindu-Buddha dalam bentuk bangunan-bangunan yang disebut candi. Antara lain Candi Dieng yang berketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, Candi Gedongsanga, Candi Borobudur. Percandian Prambanan, dan lain-lain.
Setelah kebudayaan Indonesia Hindu-Buddha mengalami keruntuhan unsur seni bangunan keagamaan masih diteruskan. Beberapa contoh akulturasi bangunan keagamaan antara lain sebagai berikut.
· Makam-makam yang lokasinya di atas bukit,
makam yang paling atas adalah yang dianggap paling dihormati misalnya Sunan
Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah di Gunung Sembung, di bagian teratas
kompleks pemakaman Imogiri ialah makam Sultan Agung Hanyokrokusumo. Kompleks
makam yang mengambil tempat datar misalnya di Kota Gede, orang yang paling
dihormati ditempatkan di bagian tengah.
· Makam
walisongo dan sultan-sultan pada umumnya ditempatkan dalam bangunan yang
disebut cungkup yang masih bergaya kuno dan juga dalam bangunan yang sudah
diperbaharui. Cungkup-cungkup yang termasuk kuno antara lain cungkup makam
Sunan Giri, Sunan Derajat, dan Sunan Gunung Jati.
Di samping bangunan makam, terdapat tradisi pemakaman yang sebenarnya bukan berasal dari ajaran Islam. Misalnya, jenazah dimasukkan ke dalam peti. Pada zaman kuno ada peti batu, kubur batu dan lainnya. Sering pula di atas kubur diletakkan bunga-bunga. Pada hari ke-3, ke-7, ke40, ke-100, satu tahun, dua tahun, dan 1000 hari diadakan selamatan. Saji-sajian dan selamatan adalah unsur pengaruh kebudayaan pra-Islam, tetapi doa-doanya secara Islam.
2. Seni Ukir
Pada masa perkembangan Islam di zaman madya,
berkembang ajaran bahwa seni ukir, patung, dan melukis makhluk hidup, apalagi
manusia secara nyata, tidak diperbolehkan sehingga perkembangan seni patung
kurang berkembang. Sesudah zaman madya, seni patung berkembang seperti yang
dapat kita saksikan sekarang ini.
Namun, seni pahat atau seni ukir terus berkembang dalam bentuk seni hias dan seni ukir dengan motif daun-daunan dan bunga-bungaan seperti yang telah dikembangkan sebelumnya. Kemudian juga ditambah seni hias dengan huruf Arab (kaligrafi). Bahkan muncul kreasi baru, yaitu kalau terpaksa ingin melukiskan makluk hidup, akan disamar dengan berbagai hiasan, sehingga tidak lagi jelas-jelas berwujud binatang atau manusia.
Banyak sekali bangunan-bangunan Islam yang dihiasi dengan berbagai motif ukir-ukiran. Misalnya, ukir-ukiran pada pintu atau tiang pada bangunan keraton ataupun masjid, pada gapura atau pintu gerbang. Dikembangkan juga seni hias atau seni ukir dengan bentuk tulisan Arab yang dicampur dengan ragam hias yang lain. Bahkan ada seni kaligrafi yang membentuk orang, binatang, atau wayang.
Namun, seni pahat atau seni ukir terus berkembang dalam bentuk seni hias dan seni ukir dengan motif daun-daunan dan bunga-bungaan seperti yang telah dikembangkan sebelumnya. Kemudian juga ditambah seni hias dengan huruf Arab (kaligrafi). Bahkan muncul kreasi baru, yaitu kalau terpaksa ingin melukiskan makluk hidup, akan disamar dengan berbagai hiasan, sehingga tidak lagi jelas-jelas berwujud binatang atau manusia.
Banyak sekali bangunan-bangunan Islam yang dihiasi dengan berbagai motif ukir-ukiran. Misalnya, ukir-ukiran pada pintu atau tiang pada bangunan keraton ataupun masjid, pada gapura atau pintu gerbang. Dikembangkan juga seni hias atau seni ukir dengan bentuk tulisan Arab yang dicampur dengan ragam hias yang lain. Bahkan ada seni kaligrafi yang membentuk orang, binatang, atau wayang.
3. Aksara dan Seni Sastra
Tersebarnya agama Islam ke Indonesia maka berpengaruh
terhadap bidang aksara atau tulisan, yaitu masyarakat mulai mengenal tulisan
Arab, bahkan berkembang tulisan Arab Melayu atau biasanya dikenal dengan
istilah Arab gundul yaitu tulisan Arab yang dipakai untuk menuliskan bahasa
Melayu tetapi tidak menggunakan tanda-tanda a, i, u seperti lazimnya tulisan
Arab.
Seni sastra yang berkembang pada awal
periode Islam adalah seni sastra yang berasal dari perpaduan sastra pengaruh
Hindu-Budha dan sastra Islam. Wujud akulturasi dalam seni sastra tersebut
terlihat dari tulisan/ aksara yang dipergunakan yaitu menggunakan huruf Arab
Melayu (Arab Gundul) dan isi ceritanya juga ada yang mengambil hasil sastra
yang berkembang pada jaman Hindu. Bentuk seni sastra yang berkembang antara
lain sebagai berikut :
· Hikayat yaitu cerita atau dongeng yang
berpangkal dari peristiwa atau tokoh sejarah. Hikayat ditulis dalam bentuk
gancaran (karangan bebas atau prosa). Contoh hikayat yang terkenal yaitu
Hikayat 1001 Malam, Hikayat Amir Hamzah, Hikayat Pandawa Lima (Hindu), Hikayat
Sri Rama (Hindu).
· Babad adalah kisah rekaan pujangga
keraton sering dianggap sebagai peristiwa sejarah contohnya Babad Tanah Jawi
(Jawa Kuno), Babad Cirebon.
· Syair berasal dari perkataan Arab untuk
menamakan karya sastra berupa sajak-sajak yang terdiri atas empat baris setiap
baitnya. Contoh syair sangat tua adalah syair yang tertulis pada batu nisan
makam putri Pasai di Minye Tujoh.
· Suluk adalah kitab yang membentangkan
soal-soal tasawwuf contohnya Suluk Sukarsa, Suluk Wijil, Suluk Malang Sumirang
dan sebagainya.
4. Kesenian
Di Indonesia, Islam menghasilkan kesenian bernafas Islam yang bertujuan untuk menyebarkan ajaran Islam. Kesenian tersebut, misalnya sebagai berikut.
Di Indonesia, Islam menghasilkan kesenian bernafas Islam yang bertujuan untuk menyebarkan ajaran Islam. Kesenian tersebut, misalnya sebagai berikut.
· Permainan debus, tarian ini diawali dengan
pembacaan ayat-ayat dalam Al Quran dan salawat nabi. Tarian ini terdapat di
Banten dan Minangkabau.
· Seudati
berasal dan kata syaidati yang artinya permainan orang-orang besar. Seudati
sering disebut saman artinya delapan. Para pemain menyanyikan lagu yang isinya
antara lain salawat nabi
· Wayang,
termasuk wayang kulit. Pertunjukan wayang sudah berkembang sejak zaman Hindu,
akan tetapi, pada zaman Islam terus dikembangkan. Kemudian berdasarkan cerita
Amir Hamzah dikembangkan pertunjukan wayang golek.
5. Sistem Pemerintahan
Sebelum Islam masuk Indonesia, sudah
berkembang pemerintahan yang bercorak Hindu Budha, tetapi setelah Islam masuk,
maka kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu/Budha mengalami keruntuhannya dan
digantikan peranannya oleh kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam seperti
Samudra Pasai, Demak, Malaka dan sebagainya. Sistem pemerintahan yang bercorak
Islam, rajanya bergelar Sultan atau Sunan seperti halnya para wali dan apabila
rajanya meninggal tidak lagi dimakamkan dicandi/dicandikan tetapi dimakamkan
secara Islam.
.
6. Sistem Kalender
Menjelang tahun ketiga pemerintahan Khalifah Umar bin
Khattab, beliau berusaha membenahi kalender Islam. Perhitungan tahun yang
dipakai atas dasar peredaran bulan (komariyah). Umar menetapkan tahun 1 H
bertepatan dengan tanggal 14 September 622 M, sehingga sekarang kita mengenal
tahun Hijriyah.
Sebelum budaya Islam masuk ke Indonesia, masyarakat Indonesia sudah mengenal Kalender Saka (kalender Hindu) yang dimulai tahun 78M. Dalam kalender Saka ini ditemukan nama-nama pasaran hari seperti legi, pahing, pon, wage dan kliwon.
Setelah berkembangnya Islam Sultan Agung dari Mataram menciptakan kalender Jawa, dengan menggunakan perhitungan peredaran bulan (komariah) seperti tahun Hijriah (Islam). Pada kalender Jawa, Sultan Agung melakukan perubahan pada nama-nama bulan seperti Muharram diganti dengan Syuro, Ramadhan diganti dengan Pasa. Sedangkan nama-nama hari tetap menggunakan hari-hari sesuai dengan bahasa Arab. Dan bahkan hari pasaran pada kalender saka juga dipergunakan. Kalender Sultan Agung tersebut dimulai tanggal 1 Syuro 1555 Jawa, atau tepatnya 1 Muharram 1053 H yang bertepatan tanggal 8 Agustus 1633 M.
Sebelum budaya Islam masuk ke Indonesia, masyarakat Indonesia sudah mengenal Kalender Saka (kalender Hindu) yang dimulai tahun 78M. Dalam kalender Saka ini ditemukan nama-nama pasaran hari seperti legi, pahing, pon, wage dan kliwon.
Setelah berkembangnya Islam Sultan Agung dari Mataram menciptakan kalender Jawa, dengan menggunakan perhitungan peredaran bulan (komariah) seperti tahun Hijriah (Islam). Pada kalender Jawa, Sultan Agung melakukan perubahan pada nama-nama bulan seperti Muharram diganti dengan Syuro, Ramadhan diganti dengan Pasa. Sedangkan nama-nama hari tetap menggunakan hari-hari sesuai dengan bahasa Arab. Dan bahkan hari pasaran pada kalender saka juga dipergunakan. Kalender Sultan Agung tersebut dimulai tanggal 1 Syuro 1555 Jawa, atau tepatnya 1 Muharram 1053 H yang bertepatan tanggal 8 Agustus 1633 M.
Komentar
Posting Komentar